Binar Connect #6 Part 1 : UX Principle of Mobile Apps (in Bahasa)


Binar Connect adalah acara rutin yang diselenggarakan oleh Binar Academy untuk umum secara gratis. Acara ini bisa berbentuk talkshow, technical workshop atau sharing session. "


Apa itu Binar Academy?
Nanti saya buatkan review lengkapnya di postingan lain. Sementara bisa dicek disini

Tanggal 20 Februari 2018 ini saya akan resmi menjadi murid Binar Academy Batch 6. Karena saya terlalu bersemangat jadinya tanggal 9 Februari saya sudah sampai di Jogja. Kebetulan di tanggal ini ada acara Binar Connect, jadilah saya langsung cus daftar setelah rencana berangkat ke Jogja sudah fix. #TipsAlaHustlBustl langsung registrasi begitu liat iklan Binar Connect ini (biasanya daftar lewat Eventbrite) karena tiketnya cepat sekali habis.

Kalau saya tidak salah ingat Binar Connect yang saya ikuti ini sudah yang ke-6. Bentuk acara kali ini adalah sharing session tentang Product Design dengan lebih fokus ke User Experience atau UX.

Berikut ini review saya dari Binar Connect #6, kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat.
Salam HustlBustl!
(photo credit: Instagram Binar Academy)


 Materi 1 : UX Principle of Mobile App
Mas Ervan, founder of uxmarker

UX Principle ala mas Ervan ini ngomongin printilan-printilan (read: those little details) yang mungkin sepele tapi bisa jadi krusial. Apa aja itu?

1. Setelah user klik ikon aplikasi

Splash Screen/ Lauch Screen
Jangan biarkan user bengong bin bingung saat menunggu aplikasimu berjalan. Saya sih membandingkannya dengan proses booting komputer yang pasti setidaknya ada animasi ikonik berupa cincin berputar yang menandakan komputer tersebut masih dalam proses menyala. Nah, di mobile apps ada istilahnya Splash Screen.

Onboarding
Kamu sering bingung waktu pertama kali pakai sebuah apps? Nah ini salah satu cara untuk mengedukasi first user tentang seluk beluk pengoperasian aplikasi buatan kita, istilahnya adalah Onboarding. Dari namanya aja bisa ditebak ya tujuannya apa, cara ini bisa dilewatkan pada berbagai jalan yang penting tujuan yang dicapai sama, yaitu membuat pengguna tertarik untuk memakai aplikasi kita lebih jauh. 
Jalur #1 bisa dengan mengarahkan pengguna untuk mendaftarkan akun mereka langsung ke sign up page
Jalur #2 bisa dengan penyampaian visi misi atau tujuan dibuatnya aplikasi kita
Jalur #3 bisa dengan penjelasan fungsi tombol-tombol di aplikasi kita
dll.

Verification Process
Ada dua cara untuk proses verifikasi akun pengguna tergantung tujuan pemakaian & keamanan yang dibutuhkan untuk aplikasi yang kita buat.
Cara #1 Skip Login
Cara ini bisa diterapkan jika ingin membuat pengguna dapat menjelajah aplikasi kita terlebih dahulu tanpa harus mempunyai akun. Biasanya diterapkan pada e-commerce. Contoh: Shopee, Tokopedia, Traveloka, dsb.
Cara #2 Login/Sign Up First
Cara ini umum dilakukan bagi aplikasi dengan konten sensitif (bersifat personal/private) yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi sehingga dibutuhkan login terlebih dahulu oleh pengguna. Biasanya diterapkan pada aplikasi berbasis fintech. Contoh: Mandiri Online, Gmail, dsb.

User Input
Munculkan keyboard sesaat setelah pengguna klik suatu isian form. Tetap perhatikan tampilan keyboard pada semua perangkat. Sesuaikan keyboard dengan isian form tersebut (alphabetical/numerical). Munculkan error message ketika hal yang dilakukan oleh user tidak cocok. Hal ini terangkum di bagian Text Field dalam Material.io.

2. User masuk halaman utama

Permission Setting
Terkadang sebuah aplikasi membutuhkan konfirmasi pengguna saat akan mengakses aplikasi lain dalam perangkat pengguna seperti kamera, galeri foto, kalender, dsb. Tentukan secara cermat bagaimana pengaturan permission tersebut, apakah semua di awal? hanya setiap kali dibutuhkan? selengkapnya dapat dibaca di bagian Permissions dalam Material.io.

Icon Meaning
Pada fase awal peluncuran sebuah aplikasi pengguna pasti masih asing dalam cara penggunaan aplikasi kita. Usahakan tombol-tombol di dalam aplikasi kita dapat dicerna dengan mudah oleh pengguna awam. Jangan membuat pengguna mengira-ngira arti di balik setiap ikon tombol kita, ada baiknya jika di awal tombol tersebut berupa icon+text agar mengurangi kebingungan yang mungkin dirasakan oleh pengguna.